mouse

latihan soal kelas 3

Rabu, 26 Februari 2014


Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3

1.    . . . kamu simpan buku ini?

Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah . . .

2.    Dengan menggunakan Hand Phone, komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah.

Antonim kata jauh adalah . . .

3.    Bacalah puisi yang belum lengkap di bawah ini!

Api masih membara di hutan

Kepulan asap membumbung tinggi

Binatang pun berhamburan keluar . . .

Karena rumah mereka musnah terbakar

   Kata yang tepat untuk melengkapi puisi si atas adalah . . .

4.    Perhatikan puisi di bawah ini!

Tumbuhan yang rindang mengelilingi desaku

Udara yang sejuk berhembus

Menghempas pohon kelapa

Kan ku jaga selalu desaku

Sinonim dari kata sejuk adalah . . .

5.    Ambilkan buku yang ada di atas meja itu

Tanda baca yang tepat pada kalimat di atas adalah . . .

6.   Perhatikan puisi di bawah ini!

Aku harus rajin belajar

Supaya menjadi pintar

Dimana ada buku akan kukejar

Demi cita-citaku menjadi dokter

Salah satu ciri-ciri puisi yang baik adalah . . .

7.    Perhatikan puisi di bawah ini!

Padi menguning terhampar luas

Bagaikan lautan emas

Seluruh petani bersuka cita

Menantikan masa-masa ini

Judul yang tepat untuk puisi di atas adalah . . .

8.    Perhatikan kalimat acak di bawah ini!

1.      Selain rajin belajar aku juga harus rajin berdo’a.

2.      Untuk mewujudkannya aku harus rajin belajar.

3.      Aku ingin menjadi seorang dokter.

4.      Karena dokter adalah pekerjaan yang mulia.

Susunlah kalimat acak di atas menjadi paragraf yang padu, tulis kode nomornya saja!


9.      Aku terbuat dari kain

Biasanya aku digendong

Anak sekolah biasa membawa aku ke sekolah

Aku biasa digunakan untuk membawa buku dan alat tulis

Aku pada kalimat di atas adalah . . .

10.  Ayah pergi naik kereta api. Ayahturun di . . .

0 komentar:

Posting Komentar